Jumat, 21 Desember 2012

Pesan Patriakh Kyrill : Kairo & Patriakh Shenouda III


Pesan Patriarkh Kyrill: Kairo & Patriarkh Shenouda III
[by: Fr.Kyrillos Junan SL]

Picture
Date: 19 Februari 2012

Dalam pernyataannya yang dipublikasikan di bawah, Primat dari Gereja Orthodox Rusia menyatakan dukungan untuk penderitaan umat Kristen Mesir. Gereja Orthodox Rusia telah mengikuti perkembangan di Mesir dengan keprihatinan dan kegetiran. Darah telah tumpah dan gereja-gereja Kristen telah dihancurkan lagi. Ada satu lagi manifestasi dari pertumbuhan intoleransi terhadap umat Kristen dan kerentanan secara hukum dan fisik mereka di masyarakat Mesir.

Gereja kita tahu dari sejarah tentang penderitaan orang-orang tidak berdosa dan penghancuran gereja-gereja itu. Kami mengangkat suara untuk membela saudara-saudara Mesir kami dalam iman dan menyerukan kepada masyarakat dunia untuk menjadi peduli terhadap pelanggaran hukum ini. PBB dan organisasi-organisasi internasional lainnya dan kekuatan-kekuatan dunia terkemuka mampu mempengaruhi kebijakan pemerintah baru di Mesir agar dengan tegas segera keluar menentang penganiayaan terhadap umat Kristen dan melakukan segalanya untuk membantu mewujudkan perdamaian antar agama dan keamanan di wilayah tersebut.

Mendapat cobaan berat dan tragis orang-orang Kristen Mesir menjalani begitu tabah adalah berkaitan dengan rantai sama yang telah mengeluarkan gelombang baru dan dengan semakin meningkatnya emigrasi. Mesir adalah sebuah negara di mana komunitas Kristen dan Muslim telah hidup bersama selama berabad-abad. Agresi terhadap orang Kristen ini terletak di hati nurani dari kekuatan-kekuatan radikal yang destruktif yang motifnya sama sekali tidak religius. Kami menyerukan kepada para pemimpin dunia Islam untuk mengekspresikan kecaman yang jelas dari kekerasan terhadap umat Kristen, untuk menghormati hak mereka untuk secara terbuka mengakui iman mereka dan untuk melestarikan tradisi agama dan budaya mereka. Pada waktu ketika masa depan dari dialog Kristen-Muslim terancam, pemimpin agama harus menunjukkan dalam perbuatan komitmen mereka terhadap perdamaian dan saling pengertian.

Kami menyerukan kepada pemerintah Mesir untuk mengakhiri dengan segera kekerasan terhadap komunitas Koptik kuno, terhadap pembunuhan-pembunuhan umat Kristen, pencemaran gereja dan tempat-tempat suci. Ini tidak cukup untuk menyatakan komitmen terhadap prinsip-prinsip keadilan dan hak asasi manusia, melainkan diperlukan untuk memastikan ketaatan nyata dari kebebasan hati nurani di negeri ini. Komunitas Kristen di Mesir yang bersejarah mempunyai hak untuk mengakui imannya secara bebas dan aman serta untuk melestarikan gereja-gereja tuanya dan membangun yang baru.

Gereja Rusia sekali lagi mengungkapkan dukungannya untuk saudara-saudara Mesir yang menderita dalam Kristus, memanggil mereka untuk mempertahankan semangat perdamaian, untuk menentang provokasi-provokasi, untuk tetap setia kepada Juruselamat kita dalam penderitaan mereka.

+ Kirill
Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia

REFERENSI
Russian Orthodox Church. Official Website of The Department for External Church Relations. Patriarch Kirill’s statement on disturbances in Cairo.
http://www.mospat.ru/en/2011/10/12/news49598/

Sehubungan dengan serangan baru terhadap umat Kristen di Mesir, Bapa Suci Patriarkh Kirill dari Moskow-Nya dan seluruh Rusia telah mengirimkan pesan berikut ke Shenouda III, Paus dan Patriarkh Gereja Koptik:

Kepada: Yang Mulia Bapa Suci Shenouda III
Paus dari Alexandria dan
Patriarkh dari Takhta St. Markus di Seluruh Afrika dan Timur Tengah

Yang Mulia,
Adalah sangat menyedihkan ketika saya mempelajari tentang serangan baru terhadap umat Kristen di Mesir dan bentrokan berdarah di Kairo yang telah meninggalkan puluhan orang tewas dan lebih dari tiga ratus orang terluka.

Gereja Orthodox Rusia tahu bukan dari kabar angin tentang diskriminasi dan penganiayaan terhadap kaum beriman. Reruntuhan-reruntuhan gereja-gereja yang dinajiskan masih tersisa di tanah kami sehingga mengingatkan kita sampai hari ini dari masa-masa penganiayaan yang mengerikan. Itulah sebabnya kita merasa begitu kuat untuk penderitaan saudara-saudara kita dalam iman di Mesir. Pada hari pencobaan, kita berpaling ke Allah Yang Mahakuasa dengan doa meminta Dia untuk menguatkan sumber-sumber daya rohani umat Kristen Mesir dalam upaya mereka untuk berdiri bagi iman mereka dan untuk mempertahankan identitas Kristen mereka.

Kami telah berulang kali menyerukan kepada semua kekuatan-kekuatan utama dunia dan para pemimpin agama untuk mengutuk penganiayaan terhadap umat Kristen dan meminta pemerintah Mesir untuk melakukan semua yang diperlukan untuk menjamin kebebasan nyata dari agama dan keamanan bagi semua warga negara tanpa memandang latar belakang agama atau etnis mereka.

Saya berdoa untuk ketenangan jiwa dan kedamaian kekal mereka yang meninggal dan untuk segera sembuh dari mereka yang terluka. Semoga Tuhan Maha Penyayang memberikan perdamaian dan kemakmuran atas tanah Mesir kuno, untuk semua orang dan untuk kawanan domba Gereja Koptik.

Dengan kasih di dalam Kristus,
+ Kirill
Patriarkh Moskow dan Seluruh Rusia

REFERENSI
1. Russian Orthodox Church. Official Website of The Department for External Church Relations. Patriarch Kirill’s message to Patriarch Shenouda III of the Coptic Church.
http://www.mospat.ru/en/2011/10/12/news49593/
2. BishopSuriel.org. Patriarch Kirill’s message to Patriarch Shenouda III of the Coptic Church. http://bishopsuriel.org/index.php?option=com_content&view=article&id=1296&Itemid=604 

(sumber: http://monachoscorner.weebly.com/pesan-patriarkh-kyrill-kairo--patriarkh-shenouda-iii.html)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar