Sabtu, 04 Mei 2013

Surat Gembala Paskah dari Yang Mulia Metropolitan Hilarion, Uskup Pelindung Karya Misi Gereja Orthodox Indonesia



CHRISTOS ANESTI!
Sebuah kekuatan yang menakjubkan yang tersembunyi dalam seruan dan menembus seluruh jiwa: KRISTUS TELAH BANGKIT!

Ada kesuka-citaan besar di dalam seruan ini untuk jiwa setiap orang Kristiani! Adakah seruan yang lebih meriah daripada ini yang dapat ditemukan dalam bahasa manusia? Seruan kegembiraan yang pertama kali diucapkan oleh Malaikat kepada pembawa rempah wangi yang datang ke Makam Sang Sumber Kehidupan. Dengan mata pikiran kita, kita melihat Kristus Bangkit dan mendengar firman-Nya yang manis kepada Pembawa Rempah: BERSUKACITALAH! (Matius 23:09), dan mendengar bagaimana kebangkitan dari Sang Pengasih Manusia mengarahkan kepada kita semua seruan kegembiraan yang sama : Bersukacitalah!

Dengan kegembiraan Paskah Saya menyambut saudara semua dengan pancaran keselamatan bagi seluruh dunia oleh Kebangkitan Kristus ini! Bersukacitalah, dan sekali lagi saya katakan, bersukacitalah! Semoga saudara semua masing-masing, mengambil bagian dari kegembiraan Gereja Kristus hari ini, menanggulangii penderitaan dan memikul salibmu dalam hidup, mengatasi keputus-asaan karena dosa pribadi, dan godaan dan skandal yang mengelilingi kita, dan pula dengan menghirup nafas pertobatan kita semua, orang-orang di sekitar kita bisa mendapat bagian dalam kekayaan anugrah dan berkat dari perayaan ini yang penuh dengan kebaikan dan bercahaya! Pesta Paskah bukanlah sekadar festival biasa atau proklamasi kebangkitan, itu bukan janji belaka yaitu kehidupan kekal bagi semua orang, melainkan adalah kemenangan dan kemenangan atas semua duka-cita dan penderitaan, atas semua kenestapaan dan rintihan kehidupan duniawi.

Semoga sukacita Paskah ini, kemenangan dari hidup ini berkuasa di atas semua Gereja Rusia yang tersebar di Luar Rusia, di setiap parokia, di setiap biara, dalam setiap keluarga, sehingga "kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera" (Efesus 4:3), yang telah dikatakan oleh tulisan Rasul, dapat terlihat dalam kehidupan Gereja. Dan semoga apapun yang terjadi antara kita menjadi damai, sejahtera, tulus, dan seturut ajaran Gereja!

Sebagaimana St. Yohanes Kronstadt mengungkapkan dalam tulisannya: "Semoga sukacita kita dari Kebangkitan ini menjadi nyata, menyentuh, kudus, dan dinamis. Semoga juga menggerakkan kita untuk kasih yang lebih besar dari Dia yang telah bangkit, bagi kehidupan dalam kekudusan dan saling mengasihi." Amin.

Dengan sukacita Paskah dalam Kebangkitan Kristus, memohon selalu doa dari engkau semua,

+ Hilarion
Metropolitan Amerika Timur dan New York
Hirarki Pertama dari Gereja Rusia yang tersebar di luar Rusia


Alih Bahasa : Rm. Dcn. Damaskinos Arya
Sumber : http://eadiocese.org/News/2013/may/mhpascha.en.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar