Sabtu, 29 Desember 2012

Daily Orthodoxy 29/12/2012

192. Apa tanda-tanda bahwa persiapan pemeliharaan Allah sehingga manusia dapat mengetahui Juruselamat ketika Ia dilahirkan bagi mereka?
Beberapa nubuatan tepat mengenai berbagai keadaan dalam kelahiranNya dan kehidupanNya di bumi. Misalnya, Nabi Yesaya telah menubuatkan bahwa Juruselamat akan dilahirkan dari seorang perawan [Yes 7:14]. Nabi Mikha telah menubuatkan bahwa Juruselamat akan lahir di Betlehem, dan nubuat ini telah dimengerti orang-orang Yahudi sebelum mereka mendengar hal itu tergenapi [Mat 2:4-6]. Nabi Maleakhi setelah pembangunan Bait Allah Kedua di Yerusalem menubuatkan bahwa kedatangan Juruselamat sudah dekat dan bahwa Ia akan datang ke Bait Allah ini, serta sebelum Dia akan dikirimkan pelopor/pembuka jalan yang seperti Nabi Elia, yang secara jelas mengarah pada Yohanes Pembaptis [Mal 3:1, 4:5]. Nabi Zakharia menubuatkan tentang arak-arakan masuknya Juruselamat kedalam Yerusalem [Za 9:9]. Nabi Yesaya dengan kejelasan yang luar biasa telah menubuatkan penderitaan Juruselamat [Yes 53]. Daud dalam Mazmur 20 telah mengambarkan penderitaan Juruselamat diatas salib dengan kepastian yang agung seakan-akan ia menuliskan dari kaki salib itu sendiri. Juga Daniel 490 tahun sebelum masa Yesus Kristus telah menubuatkan tampilnya Juruselamat, kematianNya di salib, dan kemudian kehancuran Bait Allah dan juga Yerusalem, serta penghapusan korban Perjanjian Lama [Dan 9].

193. Apakah pada kenyataannya, manusia mengenali Yesus Kristus sebagai Jurusalamat pada waktu Ia dilahirkan dan hidup diatas bumi?

Beberapa mengenaliNya dengan berbagai cara. Orang Majus dari Timur mengenaliNya oleh sebuah bintang yang ketika kelahiranNya tampak di Timur. Para gembala di Betlehem mengetahuiNya dari para malaikat yang secara nyata mengatakan kepada mereka bahwa Juruselamat telah lahir di Kota Daud. Simeon dan Hana oleh wahyu khusus dari Roh Kudus mengetahuiNya ketika Ia dibawa ke Bait Allah setelah 40 hari dari kelahiranNya. Yohanes Pembaptis saat di Sungai Yordan waktu pembaptisanNya mengetahuiNya oleh pewahyuan tentang turunnya Roh Kudus atasNya dalam bentuk burung merpati dan juga oleh suara Allah Bapa dari Sorga: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." [Mat 3:17]. Suatu suara yang sama didengar oleh Rasul Petrus, Rasul Yakobus dan Rasul Yohanes pada waktu pemuliaanNya diatas gunung: "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia." [Mrk 9:7]. Disamping hal itu, banyak lagi yang mengenaliNya oleh ajaranNya yang unggul dan juga khususnya oleh mujizat yang Ia buat.

194. Mujizat apa yang dikerjakan oleh Yesus Kristus?
Orang-orang yang menderita dibawah penyakit yang tak dapat disembuhkan dan juga kerasukan oleh roh-roh jahat telah disembuhkan olehNya dalam sekejap mata, hanya oleh sebuah kata, atau oleh sentuhan tanganNya, dan bahkan melalui sentuhan jubahNya. Dengan 5 ketul roti (dan juga pada waktu yang lain dengan 7 ketul roti) Ia telah memberi makan beribu-ribu orang. Ia berjalan diatas air, dan oleh sebuah kata telah menenangkan badai. Dia membangkitkan orang mati: putera seorang janda di Nain, anak perempuan Yairus, dan Lazarus pada hari keempat semenjak kematiannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar