Sabtu, 23 Februari 2013

Kiblat Gereja Purba Yang Orthodox


KIBLAT GEREJA PURBA YANG ORTHODOX

oleh : Rm. Dcn. Damaskinos Arya

Mazmur 138:2
Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.

Ke arah Bait Allah aku hendak bersujud, dimanakah Bait Allah itu? Bukankah sudah roboh?

Yohanes 2 : 19 - 22
Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.
Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

Bait Allah itu adalah Yesus sendiri, dimanakah Yesus sekarang bertahta?

Lukas 23:43
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Dimanakah Taman Firdaus itu?

Kejadian 2:8
Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.

Taman Firdaus itu letaknya Di sebelah Timur, Jadi inilah sebabnya mengapa Gereja Purba yang Orthodox melaksanakan Sholat dan Liturgianya menghadap ke timur, karena di sanalah Bait Allah itu berada yaitu di Firdaus, Yesus sendiri. Inilah kiblat yang berpusat kepada Kristus (Kristosentris).

Alasan lain mengapa Gereja Orthodox penyembahannya menghadap ke Timur karena sebagai bentuk pengharapan akan kedatangan Yesus yang kedua itu.

Matius 24:27
Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.

(sumber: Komunitas Orthodox Indonesia Gregorius Palamas)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar