Jumat, 30 Agustus 2013

Gambar Yang Tak Terbuat Oleh Tangan



GAMBAR YANG TAK TERBUAT OLEHTANGAN

29Agustus : The Holy Mandylion (Serbet/Kain Kudus) of Christ

Disusun oleh Arethas Wahyu Sutrisno

The Holy Mandylion of Christ - Commemorated on August 16


Diperingati Gereja Orthodox pada Tanggal 16 Agustus Kalender Julian –29 Agustus pada kalender baru


Icon Juruselamat, Gambar-yang-Tidak-terbuat-dari-Tangan, disebut juga“ Acheiropoieta” (Bizantium Yunani: αχειροποίητα, "dibuattanpa tangan") adalah salah satu ikon paling awal yang disaksikan oleh Gereja. Peringatan ikon ini dirayakanpada tanggal 16 Agustus (Kalender Lama Julian) atau Hari ini 29Agustus (Konversi dengan Kalender Baru Gregorian), selamaperiode setelah pesta Dormition Theotokos, dan disebutjuga Pesta-ketiga-dari-Juruselamat pada bulan Agustus.
Kisah “GambarYang Tak Terbuat oleh Tangan” Menurut Tradisi Gereja Orthodox
SEJARAH GEREJA Orthodox menceritakan bahwa ketika Juruselamat berkarya di dunia, Adalah Abgar, yang memerintah di Kota Edessa terserang kusta seluruh tubuhnya. Ia mendengarmujizat besar yang tengah dikerjakanoleh Juruselamat tersebar di seluruh Syria (Mat.4: 24) dan bahkan Mujizatitu bisa terjadi tanpa melihat atau menemui langsung sang Juruselamat hanyacukup dengan mempercayaiNya saja. Dia menulis surat, meminta-Nya untuk datang dan menyembuhkannya. Dia mengirimsurat tersebut dan mengutus Ananias sang Pelukis untuk ke Palestina danmenugasinya untuk melukis rupa Sang Guru Ilahi tersebut.

Berikut Kutipan Surat Abgar dalam tradisi Gereja Orthodox

Agbar,
Penguasa kota Edessa,
“Yesus Juruselamat,dokter yang baik, yang telah muncul di Yerusalem, salam!
Aku telah mendengar tentang Engkau dantentang obat Mu,yang Engkau lakukan tanpa Obat, misalnya Engkau membuat orang buta melihat lagi, Engkau membuat orang lumpuh berjalan, Engkau membersihkanorang kusta, Engkau mengusir roh jahat, Engkau menyembuhkan mereka yang telah tersiksa oleh penyakit dalam waktu lama. Setelah mendengar semua ini tentang Engkau, saya punya pemikiran: bahwa Engkauadalah Anak Allah, Firman Yang Hidup, yang melakukan segalanya yangmenunjukkan bahwa Engkau adalah Sang Penguasa (Tuhan). Jadi saya menuliskepadaMu dan memintaMu untuk datangkepada saya, untuk menyembuhkan penderitaanyang saya miliki, dan kemudian terjadi terhadap saya, karena saya jugatelah mendengar bahwa orang-orang Yahudimenggerutu terhadap Engkaudan ingin Engkau sakit.Kota saya sangat keciltapi berbeda dan nyaman bagi kamiberdua untuk tinggal di sini dalamdamai


Ananias tiba di Yerusalem dan melihat Tuhan dikelilingioleh banyak sekali orang. Dia tidakbisa mendekat karena kerumunan besar orang yang sedang mendengarkan khotbah Juruselamat.Lalu ia berdiri diatas batu yang tinggi dan berusahauntuk melukis gambar dari Yesus Kristus dari jauh, namun upaya ini tidakberhasil. Juruselamat melihatnya,memanggilnya dengan nama dan memberinya surat pendek untuk Abgar di manaIa memuji iman penguasaini. Dia juga berjanji untuk mengirim murid-Nya untuk menyembuhkannya dari penyakitnya dan membimbing dia kepada keselamatan.

Surat Kristus kepada Abgar
Berbahagialah kamu, Agbar, yangtelah percaya kepadaku, meskipun kamubelum melihat saya. Karena adatertulis dariku bahwa orang-orangyang telah melihat Aku tidakpercaya padaku, sehingga merekayang belum melihat Aku bisa percaya dan hidup. Seperti apa yang kamu tulis tentang aku, akan datang kepadamu, perlu diketahui bahwa semua itu dikirim kepadamuuntuk dilakukan, dan setelah aku melakukannya, akan sampai ke Bapayang mengutus Aku. Dan ketika akutelah diambil, aku akanmengirimkan salah satu darimuridku, bernama Thaddaios(Thaddeus), ia akan menyembuhkanpenyakit mu dan memberimudan rakyatmu hidup kekal dan damai,dan ia akan membuat kota mu aman sehingga tidak ada musuh dapat menguasainya .

Kemudian Juruselamat meminta air dan kain. Ia membasuh wajah-Nya, mengeringkannyadengan kain, dan wajah Ilahi-Nya tercetakdi atasnya. Ananias mengambilkain dan surat Juruselamatdan membawanya ke Edessa. KemuliaanBesar, Abgar mengelapkan kain suci itu ke wajahnya dan ia menerima kesembuhan total. Mereka menunggu kedatanganmurid yang dijanjikan oleh Juruselamat. Dia adalah Tadeus, Rasul TujuhPuluh Utusan (Agustus 21) yang selanjutnya memberitakan Injil dan membaptis Abgar danseluruh rakyat Edessa

Icon depicting Christ washing His face with the Mandylion
Icon depicting Christ washing His face with the Mandylion


Yesus mengirim kembali Ananias denganhanduk dan surat ke Edessa. Dengan rasa syukur, Abgar menerima benda-benda sucidan mulai penyembuhan . Dia terus melakukan penyembuhan sampai kedatanganmurid-Nya Thaddeus , Rasul 70 Utusan. Rasul memberitakan Injil dan membaptis Abgardan semua yang tinggal di Edessa .

Abgar menempatkan kain Kudus ini dalam bingkai emas dihiasi dengan mutiara,dan ditempatkan di ceruk di gerbang-gerbang kota. Pada tepian atas ikon diamenuliskan kata-kata, "YaKristus Allah, janganlah ada orangyang berharap pada-Mu mendapat malu."
Selama bertahun-tahun penduduk meneruskan kebiasaansaleh untuk sujud sebelum Icon, ketikamereka keluarmasuk gerbang. Tapi salah satu cicit dari Abgar, yang kemudian memerintahEdessa, jatuh kedalam penyembahan berhala. Dia memutuskanuntuk merusak ikon di tembok kota. Melalui Penglihatan, Allahmengutus Uskup Edessauntuk menyembunyikan ikon itu. KemudianUskup datang padamalam hari dengan para Imam,kemudian memberi lampu didepannya dan menutup Ikon itu denganpapan dan batu bata.

Bertahun-tahun berlalu, dan orang-oranglupa tentang hal itu. Namun pada tahun545, ketika Kaisar Persia Chozroes I mengepung Edessa dan posisi kota tampak tidak berdaya lagi, Theotokos menampakkandiri pada Uskup Evlavios danmemerintahkan dia untuk mencari dan membuka membukasegel  Ikon, dan itu akan menyelamatkankota dari musuh. Setelah membuka ceruk, uskupmenemukan Icon itubagian depannya terbakar lampu, dan setelah itu Ikon itudireproduksi lagi. Setelah itu mereka mengelilingi Tembok Kota Edessa dengan Ikon itu danSalib, dan akhirnya secara ajaib, tentara Persia pergi meninggalkan Edessa.

The uncovering of the Holy Mandylion above the Gate of Edessa
The uncovering of the Holy Mandylion above the Gate of Edessa


Pada tahun 630 , Edessa direbut olehorang Arab , tetapi mereka tidak menghalangi penghormatan kepada gambar yangTak Terbuat tangan itu . Dalam tahun 944 Kaisar KonstantinusPorphyrogenitos (912-959) memintaagar gambar tersebut dibawa ke Ibukota Ortodoks. Dengan kehormatan besar Gambaryang tak terbuat oleh tangan dibawa oleh para Imam ke Konstantinopel . Pada tanggal16 Agustus, Icon Juruselamat tersebut ditempatkan di Gereja Theotokos Tersuci di Pharosdi Wilayah Konstantinopel (Sekarang wilayah Turki)

Ada beberapa tradisi mengenai nasib IconTak Terbuat Oleh Tangan ini . Salah satunya adalah bahwa Gambar itu terbawaoleh Tentara Salib pada masa kekuasaan mereka atas Konstantinopel ( 1204-1261),namun kapal yang membawa Icon Kudus ini tenggelam di Laut Marmora . Kisah Lainadalah bahwa Icon ini dibawa sekitar tahun 1362 ke Genoa , di mana icon inidiperlihatkan dan diawetkan di sebuah biara yang didedikasikan untuk RasulBartolomeus .

Tradisi-tradisi lain
Pada saat bidah iconoclastic muncul, para pembela ikon,menumpahkan darah mereka untuk Ikon Suci ini,mereka menyanyikan Troparion Icon ini.
Gambar Icon Kudus inijuga disematkan sebagai lambangtentara Rusia, yang membela mereka dari musuh, dan dalam Gereja Ortodoks Rusia ada kebiasaan yangsaleh bahwa sebelum memasuki gereja, umat beriman membaca bersama doa dan Troparion Icon ini.

Troparion Icon Kudus :
“Gambar Yang tak Terbuat Oleh Tangan”

Kami Menghormati ikonmu yang tanpa cacat, Ya Yang Maha Baik...
Kami meminta pengampunan atas kegagalan kami, Ya Kristus Allah kami...
Engkaulah dengan kehendak-Mu sendiri telah naik ketasa Salib di dalamdaging
supaya Engkau membebaskan kami dari perbudakan musuh....
Oleh karenanya kami berseru :
Engkau yang memenuhi segala sesuatu dengan sukacita, Ya Tuhan JuruSelamat Manusia,
Ketika Engkau datang menyelamatkan dunia

HorologionGereja Orthodox Indonesia
Troparia dan Kontakia Bulan Agustus
Halaman 464.

Icon of the Holy Mandylion of Christ (1st half of 13th century)
Icon of the Holy Mandylion of Christ (1st half of 13th century)


Dari kejadian inikita bisa ingat sejarah tentang Kain Kafan Kristus dari Turin yang begitu punyakuasa dalam kisah tentang kekudusan dan mujizatnya
Kita bisa mendapatkan pelajaran rohanidari kedua Kain Kafan dan Mandylion, keduanyaadalah tanda-tanda nyata bahwaFirman yang kekal dari Bapa,benar-benar mengambil daging bagi keselamatan kita. Dengan mendekati mereka (atau ikonKristus dalam hal ini) dan menunjukkan penghormatan mereka, kita menunjukkan kasih Kristus dan ibadah, dankita dapat menerima rahmat danpenyembuhan dari-Nya seperti yang dilakukan wanita dengan pendarahan, yangdisembuhkan dengan menggenggam pinggiranjubah Kristus. (Lukas8:43-48)
Ia maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya,dan seketika itu juga berhentilah pendarahannya.8:45Lalukata Yesus: "Siapa yang menjamah Aku?" Dan karena tidak ada yangmengakuinya, berkatalah Petrus: "Guru, orang banyak mengerumuni danmendesak Engkau."8:46TetapiYesus berkata: "Ada seorang yang menjamah Aku, sebab Aku merasa ada kuasakeluar dari diri-Ku."8:47Ketikaperempuan itu melihat, bahwa perbuatannya itu ketahuan, ia datang dengangemetar, tersungkur di depan-Nya dan menceriterakan kepada orang banyak apasebabnya ia menjamah Dia dan bahwa ia seketika itu juga menjadi sembuh.8:48Makakata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkanengkau, pergilah dengan selamat!"

Dengan Menatap Ikon suci Kristus, kita dapat mengingat kata-kata-Nya dariInjil Lukas (digunakan pada hari raya Mandylion Kudus):
"Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat.10:24KarenaAku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamulihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar,tetapi tidak mendengarnya."(Lukas 10:23-24)

Referensi :
-         Orthodox Wiki : ImageNot-Made-By-Hands
-         Horologion: Gereja OrthodoxIndonesia
-         http://full-of-grace-and-truth.blogspot.com/2010/08/holy-mandylion-napkin-of-christ-not.html
-         Berbagai sumber Orthodox Church


Icon Kisah : Gambar Tak Terbuat Oleh Tangan secara lengkap
Icon Kisah : Gambar Tak Terbuat Oleh Tangan secara lengkap



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar