Jumat, 18 Januari 2013

Liturgi Suci Peringatan Ephifani

Shalom Aleikhem be shem ha-Massiah

Maha Besar Allah Kita, Aghios Triados yang melimpahkan segala Rahmat-Nya pada kita.
Warta Gereja :
Liturgi Suci Peringatan Ephifani tahun ini akan diselenggarakan pada :
Hari/Tanggal : Sabtu, 19 Januari 2013
Jam : 08.00 WIB (Liturgi Suci dan Pemberkatan Air)
Tempat : Kapel gereja Orthodox Indonesia, St. Iona (Yunus) dari manchuria Surabaya, Jl. Dharmahusada Indah Selatan IV/37, Blok D-126 Surabaya
Mengharap kehadiran Umat Orthodox, Para Katekumen dan Simpatisan pada Ibadah Peringatan Ephifani ini.

Ephifani (Rusia: Крещение) adalah perayaan pembaptisan Almasih (Kristus) atau pernyataan/penampakan (Tajjali) ke-Tritunggalan Allah didalam Wahyu kepada Kristus.Peringatan ini jatuh pada 12 hari setelah Natal (Untuk Kalender masehi jatuh pada tanggal 19 januari). Saat Baptisan terjadi, turunlah Roh Kudus (dilambangkan dengan turunnya merpati yang menghinggapi Yesus... dan Suara dari langit yang terbuka(perwujudan Sang Bapa, Allah Sang Khalik). Langit merupakan lambing Dzat hakekat Allah Sang Bapa yang Kekal, dan Roh Allah keluar dari Sang Bapa (Yoh 15;26).
Hal lain yang penting dari pesta peringatan ini adalah pada peristiwa Ephifani rencana keselamatan oleh penebus alam semesta digambarkan melalui masuknya Almasih (Yesus) ke dalam air sungai Yordan. Karena air adalah asal semesta (2 Pet 3:5), sehingga dengan masuk ke dalam air, DIA mengadakan penyucian semesta melalui asalnya kehidupan yaitu AIR. Itulah sebabnya sejak jaman gereja mula-mula ada ritual pembuatan air suci atau penyudian air saat perayaan Ephifani ini.
Perayaan Ephifani ini dirayakan dengan sangat meriah sejak jaman kekristenan perdana terutama oleh Kekristenan Timur diseluruh dunia, melebihi peringatan Natal. Di Negara-negara Eropa Timur, sia kecil dan timur tengah, pemerintah menghadiahkan liburan Ephifani Pada Epiphany, gereja mula-mula menyucikan air dari sumber alami, seperti mata air. Biasanya saat peringatan ini diulakukan pembaptisan besar-besaran untuk para umat baru. Sebagian penganut Kekristenan timur juga memiliki tradisi lama untuk membawa pulang air suci ini, yang diyakini memiliki sifat suci dan sanggup menyembuhkan. Bahkan di negara2 timur tengah dan eropa timur msh didapati tradisi umat biasanya berebutan mendapatkan air suci ini (Mirip dengan tumpeng gunungan dalam tradisi jawa). Air dimanapun seakan menjadi hal yang penting saat perayaan ini, karena dalam ritual ini, semua air di dunia diberkati hari ini dan dijiwai dengan Kuasa yang agung. Para Imam juga biasanya memberkati tempat-tempat dimana terdapat air, seperti danau atau sungai. Bahkan di daerah2 bersalju masyarakat setempat memotong lubang di es danau dan sungai, seringkali dalam bentuk salib, untuk mandi di air dingin. Para Umat yang turut dalam ritual itu dapat mencelupkan diri tiga kali di dalam air sebagai symbol menghormati Tritunggal Kudus. Secara simbolis diyakini membasuh dosa-dosa mereka dari tahun lalu, dan mengalami rasa spiritual kelahiran kembali.
Di bagian lain, ribuan umat melompat ke sungai dan danau es di seluruh Eropa timur pada hari Ephifani ini untuk mengambil salib. Para umat juga meyakini dengan berhasil mendapatkan Salib yang ditaruh di dalam sungai ini seperti dibebaskan dari roh-roh jahat. Negara-negara yang sangat meriah merayakan Hari Ephifani ini adalah Rusia, Mesir, Suriah, Libanon, India, Ukraina, Serbia, Rumania, Turki dll yang notabene merupakan Negara-negara dengan jumlah mayoritas penganut Kristen Timur.

Untuk Informasi lengkap, bisa contact Imam Gereja : Presbyter Rm Kyrillos Junan SL (081931619599) atau Sdr. Daniel Iona (08563084702).

Untuk Parokia Lain :
Solo : GOI Tritunggal Mahakudus, Jl. pajajaran Timur IV, Kel. Sumber, Kec. Banjarsari, akan diadakan Jumat Petang, tgl 18 Januari 2013, Jam : 18.00 WIB

Selamat merayakan Ephifani bagi seluruh Umat Gereja Orthodox Indonesia dan seluruh dunia yang menggunakan kalender lama Julian. bagi seluruh Parokia Gereja Orthodox Indonesia di medan, Jakarta, Boyolali, Salatiga, Solo, Malang, Mojokerto, Gresik, Manado, Singaraja-bali, Manado, Jayapura-Papua serta seluruh komunitas-komunitas Orthodox lainnya. Kiranya Berkat dari Pembaptisan Kristus bersama kita

We Aleikhem Shalom be shem ha-Massiah

(sumber: page Gereja Orthodox Surabaya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar