Rabu, 05 Juni 2013

Exorcismus Js.Yohanes Khrysostomos [344 AD - 407 AD]


Picture

P: Terberkatilah Allah kita, (†) sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad.

J: Amin.

P: Dengan damai sejahtera mari kita berdoa kepada Tuhan.

J: Tuhan kasihanilah.


P: Agar air ini boleh disucikan oleh kuasa dan karya kekuatan oleh turunNya Sang Roh Kudus, mari kita berdoa kepada Tuhan.

J: Tuhan kasihanilah.

P: Agar atas air ini boleh turun karya pengudusan Sang Tritunggal yang satu dzat hakekat, mari kita berdoa kepada Tuhan.

J: Tuhan kasihanilah.

P: Agar Dia boleh mengaruniakan atasnya karunia penebusan, berkat sungai Yordan, kekuatan dan karya serta turunNya Sang Roh Kudus, mari kita berdoa kepada Tuhan.

J: Tuhan kasihanilah.

P: Agar Iblis dengan segera diinjak-injak dibawah kaki kita dan agar setiap usaha-usaha jahat yang diarahkan melawan kita boleh digagalkan, mari kita berdoa kepada Tuhan.

J: Tuhan kasihanilah.

P: Agar Tuhan Allah kita membebaskan kita dari setiap serangan dan pencobaan dari si perusuh, dan membuat kita layak bagi hal-hal baik yang dijanjikan kepada kia, mari kita berdoa kepada Tuhan.

J: Tuhan kasihanilah.

P: Agar air ini boleh menjadi pengudusan rumah dan bagi mereka yang ambil bagian darinya, mari kita berdoa kepada Tuhan.

J: Tuhan kasihanilah.

P: Tolonglah, selamatkanlah, kasihanilah, dan jagailah kami ya Allah dengan rahmatMu.

J: Tuhan kasihanilah.

P: Dengan mengenang ibu kita yang tersuci, murni, terberkati dan mulia, (†) Sang Theotokos dan yang selalu perawan Maryam, dengan segenap orang suci, marilah kita menyerahkan diri kita sendiri, seorang kepada yang lain dan segenap hidup kita kepada Kristus, Allah kita.

J: (₰) KepadaMu, ya Tuhan.

P: Karena bagiMulah segenap kemuliaan, hormat, dan sembah, bagi (†) Sang Bapa, Sang Putera, serta Sang Roh Kudus, sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad.

J: Amin.

Kidung

Ketika Tuhan dibaptis di Yordan, Penyembahan Sang Tritunggal dinyatakan, dan suara Sang Bapa menyaksikanMu, menyebutMu Sang Anak yang kekasih, Sang Roh turun dalam rupa seekor burung dara, meneguhkan kebenaran FirmanNya. Ya Sang Kristus yang telah menyatakan DiriMu dan menerangi dunia, kemuliaan bagiMu.

P: Ya Tuhan, Allah kami, Raja Segala Zaman, Maha Kuasa dan Penguasa Segala Sesuatu, Dia yang menciptakan dan mengubahkan segala sesuatu hanya dengan sekedar menghendakinya saja, Dia yang mengubah dapur peleburan api yang panasnya tujuh kali ganda di Babilonia menjadi embun yang sejuk dan memelihara ketiga anakMu dengan selamat, serta penyembuh dan penyehat jiwa kami, keamanan bagi mereka semua yang berharap kepadaMu, kami memohon dan meminta:

Lepaskan, usir, dan ambillah setiap kegiatan Iblisiah, serta serangan dan hantaman Setan, keingintahuan yang jahat dan kecelakaan serta pengaruh sihir, santet, juga ilmu gaib yang disebabkan oleh orang-orang jahat dan yang berhati jahat dari hambaMu (Nama Orang Yang Bersangkutan) ini. Dan jika hal ini terjadi dikarenakan kecantikkannya atau kegagahannya, atau kekayaannya atau cemburu dan iri hati, atau karena mata jahat, kiranya Engkau ya Baginda pengasih manusia, ulurkanlah tanganMu yang penuh kuasa serta lenganMu yang Maha Kuasa dan hebat dan didalam pemeliharaanMu yang selalu memperhatikan itu, lihatlah atas makhlukMu ini dan kunjungilah dia dengan seorang malaikat damai, penjaga tubuh dan jiwa yang berkuasa, yang akan menengking dan mengusir darinya semua muslihat jahat, setiap ilmu sihir, dan mantra-mantra teluh, tenung, santet serta segala macam ilmu gaib dari orang yang hendak merusak dan cemburu atau iri hati kepadanya, sehingga hambaMu yang memohon ini dibela olehMu dan boleh mengidungkan kepadaMu dengan ucapan syukur:

Tuhan adalah penolongku dan aku tak akan takut, apa yang dapat dilakukan orang kepadaku, dan lag aku tidak akan takut pada yang jahat, karena Engkau menyertaiku, karena Engkaulah Allah, kekuatanku, penasehat ajaib, Raja Damai, dan Bapa yang kekal.

Ya Tuhan, Allah kami, sayangkanlah makhlukMu ini, dan selamatkanlah hambaMu ini dari semua pengaruh dan celaka yang disebabkan oleh mantra dan pengaruh ilmu gelap, ilmu gaib, dan sihir, serta jagailah dia dari semua kejahatan oleh kuasaMu yang hebat.

Bersama dengan bantuan doa permohonan dari ibu kami yang terberkati, mulai, dan yang selalu perawan Maryam, Sang Theotokos, para malaikat yang bercahaya-cahaya, serta segenap orang suciMu. Amin.

Ya Allah yang kekal, yang telah menebus bangsa manusia dari jajahan Iblis, lepaskanlah hambamu (Nama Orang Yang Bersangkutan) ini dari semua pekerjaan roh-roh najis. Perintahkanlah roh-roh jahat yang najis dan setan-setan untuk minggat dari jiwa dan tubuh hambaMu (Nama Orang Yang Bersangkutan) dan untuk tidak berdiam terus ataupun bersembunyi didalamnya. Biarlah mereka diusir darinya, hasil ciptaan tanganMu ini didalam NamaMu Sendiri dan AnakMu Yang Tunggal serta RohMu yang Maha Memberi Hidup, sehingga setelah dibersihkan dari semua pengaruh setaniah, boleh kiranya hidup dalam kesalehan, dengan murni dan dengan benar, dan agar boleh terhitung layak untuk menerima misteriMu yang Kudus dari AnakMu Yang Tunggal dan Allah kami, yang denganNya Engkau itu diberkati dan dimuliakan bersama dengan Sang Roh Yang Maha Kudus, Maha Baik, serta Maha Memberi Hidup, (†) sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad.

J: Amin.

P: Ya Engkau yang menengking semua roh najis dan oleh kuasa FirmanMu telah membuang keluar Legion, datanglah sekarang melalui AnakMu Yang Tunggal ke atas makhlukMu ini, yang telah Engkau bentuk menurut gambar dan rupaMu, serta lepaskanlah dia dari semua musuh yang membuat dia terikat sehingga oleh menerima belas kasihan dan penyucian, dia boleh bergabung dengan jajaran dari domba gembalaanMu yang kudus dan dipelihara sebagai suatu Bait yang hidup dari Roh KudusMu, serta boleh menerima misteri-misteri Ilahi dan Kudus melalui kasih karunia serta kasih sayang dan kemurahan dari AnakMu Yang Tunggal, yang denganNya Engkau itu diberkati bersama dengan RohMu Yang Maha Kudus, Maha Baik, dan Maha Memberi Hidup, (†) sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad.

J: Amin.

P: Kami memohon kepadaMu, ya Tuhan, Allah yang Maha Kuasa, Maha Tinggi, tak tercobai, Raja yang penuh damai, kami memohon kepadaMu yang telah menciptakan Sorga dan bumi, karena dari Engkaulah telah keluar Alfa dan Omega, awal dan akhir, Engkau yang telah menetapkan bahwa binatang-binatang yang berkaki empat dan tak memiliki pikiran tunduk dibawah manusia, karena Engkau yang telah menundukkan mereka padanya. Tuhan, ulurkan tanganMu yang Maha Kuasa serta lenganMu yang hebat dan kudus serta didalam pemeliharaanMu yang senantiasa perhatian, lihatlah ke atas makhlukMu ini dan kirimkanlah ke atasnya seorang malaikat damai, seorang malaikat yang berkuasa, penjaga tubuh dan jiwa, yang akan menengking dan mengusir dari semua Setan yang jahat dan najis darinya, karena Engkau sajalah Tuhan, Maha Tinggi, Maha Kuasa, dan terpuji sampai sepanjang segala abad. Amin.

Kami membuat seruan dan permohonan ya Yang Agung, Ilahi, dan menakutkan ini, ya Iblis, bagi pengusiranmu, dan juga penengkingan ini bagi kebinasaanmu sama sekali, hai si murtad!

Allah Yang Kudus, tanpa awal, menakutkan, tak nampak mata dalam hakekat, tak terbatas dalam kuasa, serta tak terjangkau akal dalam keIlahian, Raja kemuliaan dan Tuhan Yang Maha Kuasa, Dia akan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang membentuk segala sesuatu dengan baik melalui FirmanNya dari ketiadaan menjadi ada, Dia yang berjalan diatas sayap angin, Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang memanggil air samudera didalam kuasa dan mencurahkannya diatas permukaan segenap bumi, Yehuwah Sabaoth NamaNya, Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang dilayani dan dipuji oleh jajaran tingkatan Sorgawi yang tak terhitung jumlahnya serta dipuji dan dimuliakan dalam rasa takut oleh bala tentara pasukan malaikat dan Malaikat Penghulu yang tak terhitung jumlahnya, Tuhan menengkingmu, hai Setan!

Dia yang dihormati oleh para kuasa yang mengelilingiNya, Kerubim, dan Serafim yang bersayap enam dan bermata banyak serta menggetarkan, yang menutupi wajah mereka dengan dua sayap karena melihat keIlahianNya yang tak terselidiki dan tak nampak mata serta, dua sayap menutupi kakinya agar jangan tergores nyala kemuliaanNya yang tak terucapkan serta ke-Maha Kuasa-anNya yang tak terjangkau pikiran, serta dengan dua sayapnya sungguh melayang-layang dan memenuhi Sorga dengan seruan mereka: “Kudus, Kudus, Kudus, Yehuwah Sabaoth, Sorga dan bumi penuh dengan kemuliaanMu!”, Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang telah turun dari pangkuan Sang Bapa, dan melalui penjelmaanNya yang kudus, tak terkatakan, tanpa cacat, dan terpuja dari Sang Perawan, menampakkan Diri secara tak terterangkan, didalam dunia untuk menyelamatkannya dan melemparkan engkau ke bawah dari Sorga didalam kuasaNya yang penuh wibawa dan menunjukkan kepada semua manusia bahwa engkau itu telah terbuang. Tuhan menengkingmu, hai Setan!

Dia yang berSabda kepada samudera, teduhlah, tenanglah, dan langsung saja menjadi teduh atas perintahNya. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang membuat tanah liat dengan ludahNya yang tanpa cacat dan membentuk kembali anggota tubuh yang kurang dari orang yang buta sejak lahir dan memberikan kepadanya penglihatan. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang oleh SabdaNya menghidupkan kembali anak perempuan dari pemimpin rumah ibadah dan merebut anak laki-laki si janda dari mulut maut dan memberikan dia utuh sehat kepada ibunya. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Tuhan yang membangkitkan Lazarus dari kematiannya selama empat hari, tidak busuk, seperti tak pernah mati saja, tanpa cacat, yang membuat heran banyak orang. Tuhan menengkingmu, hai Setan!

Dia yang memhancurkan kutuk oleh hantaman atas WajahNya dan oleh tombak atas LambungNya yang tanpa cacat telah menyingkirkan pedang menyala yang menyambar-nyambar yang menjaga Firdaus. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang telah mengangkat SalibNya sebagai sandaran TubuhNya itu sebagai keselamatan dunia, bagi kejatuhanmu, dan kejatuhan semua malaikat yang ada dibawah kekuasaamu. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang menempatkan suatu tanda tulisan diatas Salib dan tirai Bait Allah terobek dua, serta batu-batu karang remuk dan luluh lantak serta kuburan-kuburan terbuka, dan mereka yang mati dari segala zaman dibangkitkan. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang oleh kematianNya telah membinasakan maut, dan oleh kebangkitanNya telah mengaruniakan kehidupan kepada semua umat manusia. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Yaitu Dia yang telah turun kedalam Hades dan membuka semua pintu-pintu penjara-penjaranya dan membebaskan mereka yang tertawan didalamnya, memanggil mereka kepada DiriNya Sendiri, yang di HadiratNya penjaga pintu gerbang Hades gemetaran ketika mereka melihat Dia, dan menyembunyikan diri mereka, lenyap didalam sengsara Hades. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Yaitu Kristus, Allah kami yang telah bangkit dari mati dan mengaruniakan kebangkitanNya kepada semua umat manusia. Tuhan menengkingmu, hai Setan!

Dia yang dalam kemuliaan naik ke Sorga, kepada BapaNya, serta duduk disebelah kanan Yang Maha Kuasa diatas Takhta Kemuliaan, Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang akan datang lagi dalam kemuliaan diatas awan-awan langit bersama dengan para malaikat kudusNya untuk menghakimi orang yang hidup maupun orang yang mati. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Dia yang telah mempersiapkan api yang tak terpadamkan bagimu, ulat berenga yang tak pernah mati dan kegelapan diluar bagi penghukuman yang kekal. Tuhan menengkingmu, hai Iblis!

Karena di HadiratNya segala sesuatu bergetar dan gemetar, dari Wajah KuasaNya dan murka peringatanNya atas engkau itu tak dapat ditamping. Tuhan menengkingmu, hai Setan!

Oleh NamaNya yang menakutkan, bergetarlah, gemetarlah, takutlah, minggatlah, hancurlah sama sekali, terbuanglah! Engkau yang telah terbuang dari Sorga dan bersama denganmu, semua roh jahat, setiap roh jahat hawa nafsu, roh kejahatan, suatu roh yang siang hari atau malam hari, suatu roh sore hari atau tengah malam, suatu roh khayalan, suatu roh yang menampakkan diri dan menakut-nakuti, baik yang berada dipadang pasir, ditanah atau yang berada didalam air, atau roh yang ada didalam hutan atau disemak belukar, atau diparit-parit, atau dijalan-jalan, atau diperempatan dan dipersimpangan jalan, didalam danau, di sungai, di laut, di rumah-rumah, atau roh yang suka menyiram-nyiram dikamar mandi, atau di kamar-kamar, atau roh yang mengubah-ubah pikiran manusia.

Minggatlah dengan cepat dari makhluk ciptaan Sang Pencipta, Kristus Allah kami! Dan pergilah dari hamba Allah (Nama Orang Yang Bersangkutan) ini, dari pikirannya, dari jiwanya, dari hatinya, dari sendi-sendir tulangnya, dan dari otot-ototnya, dari indra jasmaninya, dari semua anggota tubuhnya, agar dia boleh menjadi utuh serta sehat, mengenal Allah, Penguasa hidupnya sendiri dan Pencipta segala sesuatu.

Dia yang mengumpulkan bersama mereka yang tersesat dan yang memberi mereka meterai keselamatan melalui kelahiran kembali dan pemulihan dari baptisan Ilahi, sehingga dia dianggap layak bagi misteri-misteriNya yang tanpa cacat, Sorgawi, dan hebat, serta dipersatukan kembali dengan domba-domba gembalaanNya yang benar, tinggal di tempat yang berpadang rumput hijau serta diberikan minum dengan air peristirahatan, dibimbing dengan pengembalaan dan dengan keamanan Salib bagi pengampunan dosa-dosa dan hidup yang kekal.

Karena bagiNyalah segenap kemuliaan, hormat, pujian, dan kekuasaan, bersama BapaNya yang tanpa awal dan RohNya Yang Maha Kudus dan Maha Memberi Hidup, (†) sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad.

J: Amin.

Exorcismus Katalog Gunung Athos [1895 AD]
Xiropotamou Manuskrip 98

Picture
Translate by: Fr.Dn.Damaskinos Arya & Daniel Fs, S.Psi

*Hendaknya dalam melaksanakan Eksorsisme (Pengusiran Iblis) harus berkonsultasi dahulu dengan para imam (Presbyter). 

"'Aku mengusir kamu, Iblis Jahat, musuh dari kebenaran, di dalam nama Yang Kami Segani dan Yang Kami Kuduskan, Sang Mahakuasa Allah Sang Bapa, Sang Putera, dan Sang Roh Kudus untuk memberitahukan secepatnya bagaimana namamu disebut?!

Aku mendesakmu bersama dengan para Malaikat Kudus, para Ophanim (Throne), para Kyriotetas (Dominion), para Archas (Principality), para Dynamas (Virtue), dan para Exusias (Authority); Bersama dengan para Kerubim yang bermata banyak, serta bersama dengan Serafim yang bersayap enam untuk  memberitahukan secepatnya bagaimana namamu disebut?!

Aku mendesakmu bersama dengan Sang Theotokos yang selalu Perawan Maria, bersama dengan 70 utusan serta 12 rasul kudus;

Aku mendesak dan mengusirmu atas nama penghakiman yang mengerikan dan tak tercela dan oleh darah suci yang mengalir dari Tuhan kita, Yesus Kristus, bersama dengan 24 Imam tua-tua yang selamanya memimpin di takhta Allah yang tidak terlihat dan menyanyikan kidungan tanpa henti serta bersama dengan semua karya menakjubkan dan sangat hebat atas semua yang telah diciptakan Allah baik di Sorga maupun di bumi,

Bersama Para Bapa Kudus, Abraham, Ishak, dan Yakub dan semua orang kudus [yang hidup] sebelum Hukum Taurat; Bersama 14.000 bayi-bayi kudus yang martir di bawah pemerintahan Herodes, serta bersama semua Orang Kudus pria maupun wanita, dan bersama orang-orang yang hidup dalam kekudusan.

Seumur hidupku Aku mendesakmu keluar hai roh jahat, bersama seluruh Janasuci, katakanlah namamu!

(Menunjukkan Salib Suci dan berkata)

"Lihatlah Salib Suci Tuhan kita, Yesus Kristus. Pergilah Iblis yang jahat! Yesus Kristus telah menang dan jaya. Dialah Singa dari Yehuda; Dialah Keturunan Daud, Dialah Imanuel, Sang Juru Selamat, Sang Kristus telah memerintah, Sang Kristus Pemegang Kekuasaan, Sang Kristus telah menghancurkanmu, Sang Kristus telah memberikan kehidupan kepada kami;

Kudus, kudus, kudus, Yehuwah Sabaoth, Sorga dan bumi penuh dengan kemuliaanMu, Hosana ditempat tertinggi, dan terberkatilah Dia disepanjang segala abad. Amin.

Bangkitlah Ya Allah dan biarlah musuh-musuhMu gemetar dan biarlah mereka lari tunggang langgang dari hadapanMu. Seperti asap yang lenyap seperti itu pula mereka menghilang; seperti lilin meleleh dihadapan api, dan seperti salju meleleh karena terbakar panas matahari.

Terkutuklah engkau Iblis, mengapa engkau menunda-nunda mengatakan namamu? Berikan kemuliaan bagi Allah yang kudus, gentarlah pada hal-hal ini. Aku mendesakmu Dalam Nama Yesus Kristus. Katakanlah namamu!

Aku mendesakmu dan mengusirmu bersama dengan semua yang berlutut di Sorga dan di bumi dan di dunia bawah, bahwa engkau harus mengatakan namamu! Aku mendesakmu oleh Dia yang telah mengosongkan DiriNya dan mengambil rupa seorang hamba. Katakanlah siapa namamu!

Aku mendesakmu dan mengusirmu di dalam darahNya yang dicurahkan ke atas Salib. Katakanlah namamu! Katakanlah dengan terus terang! Aku, seorang hamba Allah, menanyakan siapakah namamu?!

Apakah engkau memiliki pengikut yang lain? dan dari jenis mana engkau berasal, atau siapa nama pemimpinmu?
Dalam kuasa dan otoritas apa dan dimana engkau berdiam?

Sebelum keluar dari orang ini, engkau harus memberitahuku sebab derajatmu dibawahku!

Katakan padaku kapan engkau muncul dan apa tanda yang engkau perbuat ketika muncul?

Aku mendesakmu oleh Roh Kudus yang mengungkapkanmu, bersama dengan Petrus, yang terhormat dari antara para rasul, yang telah mengalahkan Penyihir Simon, serta bersamaku Rasul Yohanes Sang Theolog dari pulau Patmos yang telah mengalahkan Penyihir Kynops Angkhistos. Jawablah apa yang aku tanyakan kepadamu,  Iblis yang licik! Rendahkanlah dirimu sendiri.

Hades telah ditetapkan sebagai kursi kekuasaanmu; disanalah tempat kediamanmu, jadi tidak ada waktu lagi untuk menunggu, Tuhan akan segera tiba dan menghakimi bumi dan Dia akan menghukummu dan semua pengikutmu dalam api Neraka, mengirimmu dalam kegelapan yang luar biasa dimana cacing-cacing tak dapat binasa dan di dalamnya terdapat api yang tak terpadamkan.

Katakanlah namamu! Takutlah kepada Tuhan Allahmu sebab Dialah yang Maha Agung, kemuliaan yang agung bagi Sang Bapa, Sang Putera dan Sang Roh Kudus, sekarang dan selalu serta sepanjang segala abad. Amin. 

(sumber: http://monachoscorner.weebly.com/exorcismus.html)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar